Akhirnya setelah 13 bulan lewat, revisi novel Untung Surapati selesai sudah. Ah, leganya… 🙂

Jadi lama banget ya. Awalnya sejak agustus 2009 novel ini sudah jadi. dan bulan desember 2009, bentang pustaka sudah menerimanya. saat itulah saya tanda tangan kontrak. Tapi karena kurang sreg, saya meminta revisi satu bulan. eh, gak nyangka bisa molor sampai 4 bulanan.

Ini semua gara2 saya mendapat buku Terbunuhnya Kapten Tack tulisan De Graff. Di buku yang berdasar tesis ini detail sekali De gRaff melukiskan perang yang ada di Kartasura. Maka itulah saya mendapat sangat banyak di buku ini. Alhasil naskah yang semula hanya 275 halaman saja menjadi 451 halaman. Tebal banget. Ini menjadi novel tertebal yang pernah saya tulis…

selama proses penulisanan saya sangat menikmatinya. Walau sempat menyelinginya dengan 2 novel lainnya. ada 3 bagian dari novel ini : Batavia, Kartasura dan Pasuruan. Saya merasa sangat kuat dan detail di bagian Batavia, namun tidak merasa sangat biasa di bagian Pasuruan. Mungkin karena saya belon pernah kesana, dan literatur tentang Pasuruan sangatlah sedikit. Bisa jadi. Namun yang pasti saat itu ketebalan halaman sudah di atas 430an. saya jadi mengerem untuk mendetailkan sesuatu. takut akan semakin tebal, sehingga nanti buku menjadi mahal.

saya harap ini menjadi buku yang tidak terlalu mengecewakan… 🙂

