Cowok misterius Anton Widyanto Putra, 34, mengenal Yudhi saat menjadi ma­hasiswa di Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik UNS. Ceri­ta perkenalannya cukup aneh.

Saat itu, Yudhi tiba-tiba cerita tentang kegemarannya menulis dan menunjukkan beberapa hasil karya lengkap dengan seikat kartu wesel. “Makanya saya anggap waktu itu dia orang miste­rius ha ha ha,” ungkapnya saat dihubungi Espos, Rabu (18/5). Anton saat ini tinggal di Kalimantan.

Tak cukup sampai kejadian itu, Yudhi lalu menunjukkan kepada Anton majalahnya yang dibuat saat SD. Anton diminta memba­canya. Anton mengaku sempat terpingkal-pingkal saat memba­canya. Betapa tidak, menurutnya, ceritanya gokil. “Sejak itu ka­mi jadi akrab. Sering ke Toko Buku Sekawan bareng dan malah buat komunitas Sketsakata. Dia juga meminjami saya buku Mengarang itu Gampang karya Arswendo,” ujar lelaki yang kelu­ar dari Jurusan Arsitektur UNS dan memilih berkuliah di UGM.

Bagi Anton, Yudhi adalah penulis yang sering membuat kejutan pada karya-karyanya. Tapi, ia mengaku paling suka dengan kar­ya perdananya yang terangkum dalam buku kumpulan cerpen Lagu Senja terbitan Balai Pustaka. Alasannya, meski novel re­maja, isi cerita di sana berbobot. Salah satu cerpen yang memi­kat hatinya berjudul Profesor.

http://edisicetak.solopos.com/berita.asp?kodehalaman=h79&id=112970

Iklan