Image

sebenarnya sejak beberapa bulan lalu saya lihat buku ini ada dalam rak obralan. entah di gramedia atau di togamas. beberapa kali pula saya memegangnya dan berniat membeli. namun selalu saya saya batalkan, karena merasa sedikit tak tertarik dengan ilustrasi di dalamnya. namun baru 2 hari lalu saya membeli buku itu hanya dengan 10rb saja. sepertinya ini cukup bisa melengkapi novel2 grafis yang memang saya kumpulkan.

dan tak butuh waktu lama menyelesaikan novel grafis besutan nick abadzis ini. gambarnya mungkin terasa biasa, atau bahkan bisa dikatakan di bawah standar. apalagi bila dibandingkan dengan jodorowsky & bess yang membuat the white lama. namun dari segi cerita laika terasa sangat emosional.

buku ini merupakan kisah tentang laika, seekor anjing kecil dengan buntut melingkar yang semula bernama kudryavka. ia merupakan anjing yang terbuang namun pada akhirnya menjadi sosok bernyawa pertama yang mengorbit di angkasa bersama sputnik II di tahun 1957.

sejak dulu saya sudah membaca kisah tentang peluncuran sputnik, pesawat luar angkasa pertama dari rusia. saya juga tahu bahwa ada awak di pesawat itu yang merupakan sosok anjing. tapi tulisan2 yang saya baca itu, entah itu reportase atau pun artikel, sama sekali tak membekas.berbeda sekali saat membaca laika.

tentu detail kisah ini begitu luar biasa. abadzis seperti yang tertulis di bagian penutup, benar-benar melakukan penelitian hingga mendatangi beberapa orang2 rusia yang terlibat pada kejadian itu. ia pun dengan mahir, bisa menggambarkan suasana tempat penelitian sputnik, yang selama ini di rahasikan oleh rusia.

namun entah mengapa saya lebih menyukai sisi drama buku ini. bagaimana yelena alexanderovna dubrovsy dan oleg georgivitch gezenko kala mengurus anjing2 untuk awak ujicoba pesawat-pesawat luar angkasa itu. mereka berdualah yang memelihara anjing-anjing itu dan menemani di setiap ujicoba.

dulu saat pertama kali yelena menerima pekerjaan itu, oleg sudah mengingatkan berkali2 bila jangan terlalu menyayangi anjing2 itu. dan yelena mengiyakan dengan yakin. di sini karakter orang-orang sosialis atau komunis yang berwatak keras, dan begitu mengabdi pada negara, begitu jelas terlihat. namun seiring dengan hubungan bersama anjing2 itu, ternyata mereka tetaplah seperti manusia biasa yang kadang terlihat sangat lemah.

terlebih saat proyek ambisius peluncuran sputnik II dijalankan, untuk menunjukkan pada dunia, terutama amerika. mereka kemudian memilih laika sebagai awak ujicoba tersebut. walau yelena dan oleg menerima dan melakukan semua tugas2 itu, tapi di sudut yang lain mereka mengeluh, bahkan… menangis.

laika adalah anjing yang sangat istimewa. ia setia dan jarang menggonggong. walau pada akhirnya diberinama laika, yang artinya gonggongan, sebenarnya ia anjing yang penurut. ia tak mengalami pusing dengan ujicoba pesawat dengan kecepatan maksimum, ia juga dapat memakan jeli pengganti makanan di luar angkasa, dan ia tak merasa canggung memakai pakaian luar angkasa untuk anjing. jadi tak heran bila semua orang yang terlibat bersama laika, kemudian jatuh cinta padanya.

namun bagian paling emosional kisah ini adalah saat yelena menamani laika untuk terakhir kali. ia masih mengkhayalkan bicara tanpa henti dengan laika, di saat-saat malam menunggu peluncuran itu. namun pada akhirnya ia berguman sambil memandang area tempat rahasia penelitian itu, ‘tempat ini adalah monumen atas ambisi2 manusia’. kita dapat merasakan sekali ambisi manusia menaklukan dunia dan luar angkasa memang harus ditebus oleh sosok bernyawa lainnya!

sosok yelena dan oleg kemudian memilih mundur dari pekerjaan ini (walau kepala mereka memilih memindahkan mereka di bagian lain) oleg bahkan di tahun 1998, saat komunis tak lagi sekuat dulu, sempat memberi kecaman terhadap pemerintah; ‘ bekerja bersama binatang2 merupakan sumber penderitaan bagi kami semua. kami pertaruhkan mereka seperti bayi2 yang tidak bisa bicara. dengan berlalunya waktu, semakin besar penyesalanku. tidak banyak yang kita pelajari dari misi itu untuk bisa membenarkan kematian anjing tersebut.’

sputnik II memang benar2 diluncurkan dengan laika sebagai awaknya. ini merupakan penerbangan perpisahan, karena pesawat tidak dirancang untuk kembali lagi ke bumi. di akhir komik grafis ini tergambar beberapa kotak ilustrasi berupa roket yang melayang dan serpihan-serpihan yang entah apa. lalu halaman ditutup dengan sebuah kotak besar yang hanya berwarna hitam, tanpa apapun.

itu merupakan kotak bagi saya terdiam, dan menangis untuk laika…

Image

Iklan