karena tengah menulis sebuah novel, saya jadi rajin ke 2 tempat itu: monumen pers solo dan perpusda jogja, di jalan malioboro.

novel yang tengah saya tulis ini mengambil setting tahun 70, sehingga saya butuh koran2, majalah dan buku2 sekitar tahun itu.

di monumen pers kondisi lebih rapi. sudah banyak koran, majalah dan buku yang didigitalisasi, sehingga lebih muda dalam pencariannya. tapi entahlah, mungkin karena belum terbiasa mencari data dengan pola digital, amat melelahkan membuka2 media digital ini. apalagi tahun yang saya cari entah mengapa seperti hilang. tahun 1970, 1971 dan 1972. penjaga ruangan mengusulkan saya ke lantai 4 dimana arsip2 yang belum didigitalisasi, masih tersimpan dengan baik. tapi di situ pun saya hanya mendapat sedikit saja. namun itu sudah cukup untuk sementara waktu.

Imagelalu seorang kawan mengusulkan saya ke perpusda jogja di jalan malioboro. sebenarnya tempatnya asyik. luas dan terbuka, tidak seperti ruang2 kelas yang ada di monumen pers. tempatnya memang disediakan untuk banyak orang sekaligus. tapi keadaan koran2 tua sangat memprihatinkan. apalagi koran2 tahun 1970an yang saya cari. sobek, terlipat, dan jelas sekali tak terurus.sedih sekali saya melihatnya. apalagi pegawai2nya sepertinya cuek sekali. mereka asik menonton tv dan mengobrol sendiri.

data2 yang saya cari tak semua ada di sini, namun saya bersyukur mendapatkan minggu pagi tahun 70-71 dan mertju suar tahun 1971an. setidaknya saya telah memiliki gambaran yang lengkap karena kedua koran itu. tapi tetap saja koran yang saya cari: pelopor jogja, tidak ada.

tapi walau begitu, saya tetap lebih enjoy berada di perpusda jogja karena saya merasa tak sendirian. selalu ada orang2 yang juga sedang mencari data atau pun sekedar membaca. tak seperti di monumen pers. saya selalu sendirian di sana. hanya dikedatangan pertama saja, ada beberapa orang yang nampak sedang melihat2 data digital.

sempat saya mengobrol sebentar dengan penjaga perpusda jogja, dari situ saya tahu bila proses digitalisasi koran2 sedang dimulai di sini. semoga semuanya bisa lebih baik.

