langit lepashari ini, saya menyelesaikan novel teraru saya.

judulnya Langit Lepas.

awalnya ini bukanlah sebuah novel. samai sekarang, saya sebenarnya banyak menulis cerpen, namun banyak cerpen2 itu tak dimuat di media. sekali waktu saya mencoba menghitung cerpen2 itu. ternyata banyak sekali cerpen yang ngendon di folder saya. maka itulah saya rancang sebuah novel dengan mengambil beberapa cerpen dari situ. cara ini sebenernya sudah pernah saya coba di Perjalanan Menuju Cahaya dan Miracle Journey, namun kedua novel itu sebenernya konsepnya sudah ada dulu, walau hanya di kepala. namun kali ini berbeda.

saya memilih cerpen2 dengan tokoh perempuan, lalu saya cari benang merah yang dapat menggabungkan semuanya. jujur saja ide ini muncul saat saya membaca and the mountains echoed – khaled hosseini. di novel itu ikatan kisah yang satu dengan yang lainnya kadang kuat kadang begitu rentan. dari situ saya berkeinginan membuat novel seperti itu.

pada akhirnya saya menentukan 7 perempuan untuk berkisah. 6 merupakan kisah dari cerpen saya, dan 1 sengaja saya buat baru.

karena mengambil dari 7 cerpen, ada 7 teknik bercerita. awalnya saya pikir akan saya samakan, namun setelah saya timbang2 lagi, saya pikir akan lebih baik bila ke7 tokoh ini memiliki 7 teknik becerita sendiri-sendiri. saya kemudian malah mengekspos teknik2nya.

semoga segera mendapat rumah terbitnya…

