timthumb.php aaGara-gara membaca tulisan Mas Ronny Agustinus di blog-nya tentang Daftar Film yang Diangkat dari Literatur Amerika Latin, saya kaget mendapati novel Pak Tua yang Membaca Kisah Cinta (judul asli: Un viejo que leía novelas de amor, dan sudah diterjemahkan oleh Marjin Kiri) karangan Luis Sepulveda, ternyata sudah difilmkan sejak tahun 2001. Saya merasa kuper soal ini. Tapi info tentang film-film Amerika Latin memang tak banyak diekspos oleh media lokal, apalagi oleh situs-situs film lokal yang biasa saya donlot… :D.

Ini salah satu novel favotit saya. Tapi saya sudah tak lagi punya bukunya. Beberapa tahun lalu, seorang kawan meminjamnya, dan kemudian ia pindah. Saya tak lagi menanyakannya. Saya anggap sebagai kado tak terucap saja dari saya. Ini mungkin memang sudah nasib buku itu. Saya ingat, buku itu sendiri merupakan pemberian seorang kawan Goodreads. Waktu itu ia baru pulang dari pameran dan mendapati buku bagus itu hanya diobral dengan harga yang menyakitkan. Lalu ia menulis status di facebook untuk menawari pada kawan-kawan lainnya. Tentu saja saya mau. Dan beberapa hari kemudian, buku itu pun sampai di rumah saya. Mungkin, karena saya mendapatkannya dengan mudah, saya juga kehilangan dengan mudah.

Tapi saya masih ingat ceritanya. Setting-nya ada di pedalaman hutan Ekuador. Seorang lelaki tua bernama Antonio Jose Bolivar Proano awalnya adalah lelaki yang sekadar ingin bersantai di gubuknya untuk bisa membaca kisah-kisah cinta. Namun ia ternyata harus terseret ke dalam sebuah perburuan melawan sesuatu paling mematikan di belantara hutan Ekuador. Ia terpaksa harus melacaknya dan kemudian membunuhnya. Ini tentu dengan resiko sepadan: ia bisa terbunuh lebih dulu. Sungguh, ini sebuah petualangan yang mendebarkan. Walau sebenarnya lelaki tua itu hanya menginginkan membaca kisah-kisah cinta di masa-masa tuanya.

Film sendiri berjudul sama The Old Man Who Read Love Stories. Dibuat di Prancis tahun 2001. Disutradarai oleh Rolf de Heer dan mengekspos akting Richard Dreyfuss, aktor Amerika yang sebelumnya tenar lewat film-film American Graffiti, Jaws, The Goodbye Girl, dan lain-lainnya.

Untungnya novelnya sudah beberapa tahun lalu saya baca. Saya sudah sedikit melupakan detail-detailnya. Dan menonton film ini kembali membuat detail-detail itu hadir di kepala saya. Saya menikmati filmya, dan tentu tak berusaha membandingkan dengan novelnya.

Buat kawan-kawan yang tertarik dengan filmnya saya bisa memberikan link torrent untuk mendonloadnya.

http://torrentking.eu/movie-2001/the-old-man-who-read-love-stories-torrents/

Memang filenya agak besar, 1,3 Giga (sudah termasuk sub Bahasa Inggris), tapi untuk sebuah karya masterpiece, tentu ini tak rugi…  🙂

 

