41572249_10215921498422360_2101802603473010688_o

Sebenarnya jarang-jarang ada workshop menulis novel, karena memang gak memungkinkan menggarap novel dalam beberapa jam saja. Selama ini saya sendiri hanya seringnya menjadi pembicara workshop menulis cerpen (bahkan bersama Solopos, pernah diadakan beberapa bulan lalu). Tapi dulu, Buletin Sastra Pawon sepertinya pernah juga mengadakan -semacam workshop menulis novel. Bagian saya waktu itu hampir sama: pengenalan penulisan novel, yang mana di situ membahas juga mengenai ide dan kerangka karangan.

Maka itulah, ketika mendapat tawaran ini saya pikir siap saja. Walau saya gak berharap pesertanya akan melimpah. Karena menulis novel, punya tingkatan yang berbeda dari sekadar menulis cerpen. Peserta seharusnya sudah memiliki basic menulis yang bagus. Itu artinya, ia setidaknya sudah terbiasa menulis cerpen. Ini semacam langkah lanjutan dari menulis.

Saya pikir workshop menulis novel, walau terasa tidak memungkinkan, tapi cukup perlu dilakukan. Setidaknya di sini, proses pembuatan novel yang efektif akan coba saya jabarkan bersama kawan saya, Han Gagas. Dari mencari ide, memanfaatkan ide, mengoptimalkan kerangka karangan, ekplorasi karakter-karakter dalam novel serta setting novel. Semoga waktu yang singkat ini bisa kami optimalkan.

Oya, di akhir sesi, akan ada dialog tentang dunia penerbitan novel (atau buku) yang -semoga bisa menambah wawasan kawan-kawan tentang dunia perbukuan terkini.

Iklan