65089039_10217117856090693_647558038898606080_n

Setahun lalu, sewaktu menonton Okja, aku yakin siapapun akan jatuh cinta pada film itu. Korea yang gak dikenal dengan animasinya, bicara banyak sekali di film itu. Baru kutahu ternyata sutradaranya adalah Bong Joon Ho, yang juga membuat film The Host dan Memories of Murder. Walau film lama dan sudah diremake, film Memories of Murder, punya alur yang dalam banget. Sampai sekarang aku masih terbayang-bayang ceritanya…

Tahun ini ada lagi film Bong Joon Ho terbaru. Judulnya Parasite. Sengaja aku gak membaca sinopsis, apalagi review film ini. Cuma sempat terbaca saja olehku, twit mas @jokoanwar yang merekomendasikan film ini untuk ditonton rame-rame.

Parasite menyajikan sebuah kisah tragedi yang gak ingin menonjolkan ketragediannya. Semua seakan jadi kisah sehari-hari: keluarga miskin yang berusaha menyejahterahkan diri mereka. Ini sebenarnya tema selayaknya sinetron-sinetron kisah inspiratif.

Tapi Parasite bergerak lebih jauh dari itu. Ia memilih jalur yang tak terbayangkan. Penipuan demi penipuan keluarga miskin itu demi dapat bekerja di keluarga kaya, seperti terlalu mudah ditebak. Di situ komedi muncul tanpa maksud melucu. Tapi Bong Joon Ho tentu tak berpikir sesederhana itu. Ingat, Memories of Murder.

Sampai kemudian bekas pelayan yang sudah berhasil digantikan, datang di saat hujan lebat. Alur pun bergerak tak lagi bisa diduga. Yang semula nampak sederhana, kemudian jadi tak sederhana, yang nampak biasa-biasa saja, jadi mengejutkan!

Aku suka film ini, karena mampu membuatku tertawa lepas dalam suasana tegang. Film ini juga seperti mampu menyadarkanku kalau dari tema yang sederhana pun, sebuah kisah bisa diolah secara apik.

Pemain yang paling kusuka, tentu sang nyonya rumah Yeon Kyo, yang dimainkan artis Cho Yeo Jeong. Ia cantik, dan baik, serta naif. Kupikir perannya akan sulit dilupakan…😍
Ada satu dialog yang kusukai saat keluarga miskin itu membicarakannya. Aku gak terlalu hapal 100%, tapi kurang lebih begini:
“Dia baik karena kaya…”
“Bukan, Karena kayalah ia baik. Kalau aku sekaya itu, aku pun akan baik…”

Sayangnya adegan malam hari, selepas kedua pasangan itu saling menyentuh, dengan beberapa orang yang bersembunyi di bawah kursi, disensor dalam layar bioskop, untungnya kita bisa mengulangnya dalam donblotan yang terbit kemudian.. 😀

Paragraf terakhirku, segera nonton! Percayalah ini film yang akan kamu kenang dalam waktu lama…

 

#parasite #filmbaru #filmkorea #filmkorea2019 #cgv #bongjoonho #choyeojeong #songkangho #okja #thehost #memoriesofmurder