Agak mengejutkan, saat mulai rajin berselancar di lokapasar, ternyata komik Eropa yang termahal salah satunya adalah seri Komando karya Lebovic dan Jules.

Komik ini hanya ada 6 judul yang sempat rilis di Indonesia, diterbitkan oleh Gramedia tahun 1985-an. Di lokapasar untuk 1 set ada yang menjual sampai 1,5 jt atau 2 jt 😱

Saya gak menyangka. Tapi dulu saat masih tinggal di Kupang, sempat membeli beberapa seri di Toko Semangat Kupang. Waktu itu Gramedia sedang ada program jual macam-macam komik seharga 2.000. Saya dan salah satu teman saya beberapa hari sekali mampir ke sana untuk membeli satu komik. Kebetulan sekolah kami SD Santo Yosef tak jauh dari toko buku itu. Uang saku saya saat itu 500 rupiah, untuk bemo pulang-pergi 200 rupiah, jadi bila gak jajan seharian ada sisa 300 rupiah untuk ditabung. Jadi butuh beberapa hari sekali untuk mendapatkan satu komik…😜

Namun walau membeli beberapa judul, yang berkesan untuk saya -dari segi cerita dan gambarnya- adalah Arad & Maya dan Papyrus, Setelah itu baru Storm, Trigan dan Lima Jagoan. Waktu itu Tintin, Luke Luke, Asterix, Steven Sterk Johan & Pirlouit, dan Dick Herisson gak ada, bisa jadi memang gak masuk daftar sale atau memang belum terbit.

Tapi Komando gak pernah masuk daftar favorit saya. Mungkin karena saya gak terlalu suka tema perang. Gak menyangka sekarang jadi komik langka dan mahal. Mungkin karena Storm dan Trigan sudah sempat dicetak ulang, dan Arad & Maya serta Papyrus dianggap lebih dicari anak-anak, jadi harga lawasannya gak bisa tinggi-tinggi amat.

Beruntunglah kalau kamu punya komik ini… πŸ˜…

#komikeropa#komando