Ada satu masa saat semua orang bermain tetris.

Dulu, seingat saya, saya sampai membeli (handheld console) tetris dua kali. Awalnya yang biasa. Yang hanya ada satu pilihan game saja. Lalu muncul tetris dengan banyak pilihan ditambah suara musik dan lampu-lampu yang beragam. Gak terbayang game sederhana itu -jika dibandingkan game-game game watch pada masa itu- bisa menghipnotis banyak orang ya…

Baru tahu ternyata untuk sampai di tangan kita, tetris punya perjalanan panjang. Adalah Henk Rogers (diperankan Taron Egerton), seorang pembuat dan marketing game, tanpa sengaja melihat orang-orang bermain game arcade tetris hingga jam ngga lupa waktu. Dia penasaran siapa yang menciptakan game yang bisa membuat orang tua dan muda kecanduan seperti itu.

Penemunya ternyata adalah orang Uni Soviet bernama Alexey Pajitnov (Nikita Efremov). Saat tahu kalau copyright game itu baru dijual untuk perangkat komputer dan arcade game, ia melihat peluang untuk membuatnya dalam handheld console. Proposal itu pun disetujui oleh Nitendo. Tapi ternyata Alexey bekerja pada Elorg, ini semacam badan risetnya Uni Soviet. Jadi Henk pun mempertaruhkan segalanya dengan melakukan perjalanan ke negeri komunis yang sangat membenci kapitalisme.

Perjalanannya ternyata gak mudah, karena ada pihak lain juga yang menginginkan copyright itu. Ditambah lagi adanya pegawai Elorg yang korup, yang tega menghalalkan segala cara.

Satu film bagi para pemain tetris masa lalu. Satu hal yang sepertinya nampak sangat sederhana, kadang ada dalam proses yang sama sekali tak sederhana.

#tetris#tetrismovie#appletv