Sebenernya sudah lumayan lama saya tahu ada komik tentang Suropati. Penerbitnya Pustaka Lebah yang banyak nerbitin komik-komik tentang kisah nabi, ensiklopedi anak dan sastra klasik dunia.

Mereka juga menerbitkan komik tentang beberapa tokoh nasional dan sejarah penting nasional, seperti Sukarno, Tjut Nyak Dien, dan 5 hari di Semarang, dsb. Salah satunya yang paling ingin saya punyai adalah Suropati. Mungkin karena saya memang mengumpulkan semua buku tentang tokoh yang saya tulis tahun 2011 lalu. Kadang semacam penuntasan masa lalu. Dulu waktu saya menulisnya, saya membeli dan membaca semua buku-buku itu, Yang terbit belakangan, cuma perkara terlambat saja saya membelinya..

Cuma membaca komik terbitan Pustaka Lebah ini, rasanya memang melenakan. Gambar dan pewarnaannya keren sekali. Ini jelas mudah memikat anak-anak. Saya bayangkan novel saya yang 600an halaman itu semuanya adalah tulisan… tentu hanya anak-anak yang tabah saja yang bisa menyelesaikannya 😅 Sayangnya di komik ini, karena keterbatasan halaman, jadi hanya bisa menceritakan sepenggal kisah Surapati. Ini bagian paling penting dari kisah Untung Surapati, walau bukan bagian yang paling saya sukai…

#UntungSurapati#noveluntungsurapati