Terkadang kebahagiaan datang terlambat satu malam…

Tokyo Schoolgirl novela ringkas dari Osamu Dazai. Seorang gadis muda -anak sekolah di sekolah Tokyo- dipenuhi gejolak di hatinya. Umurnya masih mudah, tapi ia memikirkan banyak hal, lebih dari yang dipikirkan gadis-gadis sebayanya.

Sebenarnya Dazai tak terlalu muluk-muluk menawarkan tema, ia hanya meletakkan hal paling sederhana untuk disajikan. Sang gadis yang hampir membenci segala hal, sebenarnya adalah salah satu bentuk pencariannya. Mungkin hal yang ia sayangi hanyalah ayahnya, yang sudah tak ada. Dan itu yang kemudian menyadarkan saya bagaimana gelombang kebenciannya selalu muncul di hatinya.

Cerita begitu lancar, seperti saat melewati jalan tol. Setiap halaman terasa lengang, dan saya tak perlu berkerut kening mencari apa-apa. Sampai kemudian tiba di akhir cerita, Dazai mengakhiri kisah ini dengan suatu yang kupikir sangat lembut. Kebencian sang gadis pada ibunya sepanjang cerita, ternyata seperti jadi puncak kisah ini. Itu diselesaikan Dazai masih dengan sederhana, namun terasa ada perasaan hangat yang kemudian datang…

Kalau kawan-kawan tertarik dengan buku ini, kamu bisa menghubungi penerbitnya, @penerbit_odyssee atau ke lapak online @ayobukku..